Pengiriman Formulir DMR Pendidikan dan Kesehatan - PPKH ACEH UTARA

HEADLINES

Jumat, 13 Oktober 2017

Pengiriman Formulir DMR Pendidikan dan Kesehatan

Hendra (Operator PKH Kabupaten Aceh Utara) 

Hendra, yang sehari-hari bertugas sebagai operator PKH (Program Keluarga Harapan) Kabupaten Aceh Utara sedang memaketkan formulir DMR Tahap IV Tahun 2017 untuk dikirimkan ke Banda Aceh. DMR ini merupakan hasil verifikasi komitmen yang dilakukan oleh seluruh pendamping PKH Kabupaten Aceh Utara ke fasilitas pendidikan dan fasilitas kesehatan. 

Verifikasi komitmen peserta PKH pada prinsipnya dilakukan terhadap pendaftaran (enrolment) dan kehadiran (attendance) anak baik disekolah untuk komponen pendidikan maupun puskesmas dan jaringannya untuk komponen kesehatan. Kepada pihak pelaksana pelayanan pendidikan, baik sekolah/madrasah/penyelenggara paket A/B/C sangat diharapkan peran aktif untuk dapat menarik kembali anak-anak KPM, khususnya yang belum menyelesaikan pendidikan dasar namun telah meninggalkan bangku sekolah atau bekerja, untuk kembali ke sekolah. Verifikasi keluarga anggota peserta PKH penyandang disabilitas hanya diberlakukan pemeriksaan satu tahun sekali.

Mekanisme Verifikasi Komitmen*
  1. Bantuan tidak dibayarkan pada tahap berjalan apabila peserta PKH tidak memenuhi komitmen yang telah ditentukan.
  2. Hasil verifikasi akan menjadi dasar apakah peserta PKH akan mendapatkan bantuan dalam satu tahap
  3. Apabila peserta PKH tidak memenuhi komitmen nya, maka bantuan akan ditunda atau dipending
  4. Penangguhan bantuan hanya akan diberikan kepada peserta PKH yang seluruh anggota keluarganya tidak memenuhi komitmen.
  5. Verifikasi harus selesai dimasukkan ke dalam SIM PKH sebulan sebelum masa penyaluran pada tahap berjalan.
  6. Apabila sampai 3 tahap berturut-turut peserta PKH tidak menjalankan komitmennya, maka kepesertaan PKH akan dihentikan dan bantuan akan diberikan pada masa penangguhan
  7. System tanggung renteng tidak berlaku untuk komitmen verifikasi. (sp)  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Laman